Rechercher dans ce blog

Monday, September 3, 2018

Pemerintah mulai menghitung keuntungan dari Asian Games 2018

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan belum ada angka pasti terkait keuntungan atau benefit yang diperoleh Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

BERITA TERKAIT

Untuk itu, pihaknya sudah mulai menghitung namun masih harus melakukan kajian menyeluruh selama kurang lebih dua minggu hingga satu bulan ke depan untuk memperoleh jumlah yang pasti.

"Kami sedang lakukan dan sudah konferensi pers berkali-kali. Tapi kan ini baru selesai, jadi kita butuh waktu 2 minggu sampai satu bulan soal dampak ekonominya," kata Menteri Bambang saat ditemui di kantornya, Senin (3/9).

Sebelumnya, berdasarkan hasil perhitungan Bappenas memperkirakan dampak langsung pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 akan mencapai 3,6 triliun rupiah.

Empat puluh lima negara diperkirakan hadir dalam Asian Games 2018 yang mengirim 10.000 atlet dan 5.000 officials, serta akan bersaing sehat dalam 452 pertandingan olah raga. Asian Games 2018 diprediksi akan mendatangkan 2 juta penonton dengan perkiraan 200 ribu orang di antaranya adalah penonton internasional.

Selain itu, 13.000 sukarelawan dan sekitar 7.000 media, baik lokal maupun internasional, juga akan ikut meramaikan dan berpartisipasi dalam acara olah raga tingkat Asia ini.

"Pengeluaran sebesar 2,5 triliun rupiah akan terjadi di Jakarta dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 70 persen, dan 1,1 triliun rupiah di Palembang dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 30 persen," kata Menteri Bambang, di Jakarta, Minggu (13/5).

Sementara itu, 88 persen pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 persen pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen pengeluaran officials, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan.

"Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai 1,3 triliun rupiah, sementara komponen pengeluaran terbesar kedua adalah transportasi sebesar 640 miliar rupiah, ma kanan dan minuman sebesar 628 miliar rupiah, pengeluaran belanja mencapai 560 miliar rupiah, dan pengeluaran hiburan sebanyak 280 miliar rupiah," ujarnya. [azz]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-mulai-menghitung-keuntungan-dari-asian-games-2018.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer