Rechercher dans ce blog

Friday, August 10, 2018

Pengamat: Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno akan kembangkan potensi ekonomi syariah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KM Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang. Ini diputuskan usai Presiden Jokowi dan partai koalisi melakukan pertimbangan panjang. Sementara lawannya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga secara resmi telah menggandeng Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019.

BERITA TERKAIT

Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor, Irfan Syauqi Beik menilai kedua bakal calon presiden tersebut sama-sama memiliki kekuatan terhadap calon wakilnya. Irfan menyebut Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno memiliki latar belakang yang sama, di mana keduanya adalah tokoh pengembangan ekonomi syariah.

"Baik Kiai Ma'ruf maupun juga Sandi, dua-duanya pengurus IAEI. Kemudian melihat track record Kiai Ma'ruf itu kan dari (tahun) 2.000 itu sudah bergelut mengembangkan ekonomi syariah. Kemudian, kalau kita lihat Sandi, dalam waktu singkat kita lihat perubahan-perubahan dari sisi perkembangan ekonomi syariah dan zakat. Kemudian, komitmen sandi mengembangkan halal tourism di Jakarta itu saya kira satu hal yang luar biasa sehingga buat saya, kalau melihat kedua cawapres ini saya optimis ekonomi syariah bisa tumbuh dan berkembang," jelasnya saat dihubungi merdeka.com, Jumat (10/8).

Irfan optimis, siapapun calon presiden dan wakil presiden terpilih nantinya, akan membawa dampak pada perkembangan ekonomi syariah di Indonesia lebih besar. Mengingat beberapa persoalan seperti pariwisata halal, industri makanan halal, dan industri keuangan syariah di Indonesia masih cukup tertinggal dari beberapa negara Asia.

"Kalau melihat kedua cawapres ini saya optimis ekonomi syariah bisa tumbuh dan berkembang. Bahwa selama ini banyak yang belum terselesaikan saya berharap bisa diselesaikan kedua duanya siapa pun yang terpilih. Jadi ini yang saya kira patut diapresiasi mudah-mudahan ini menjadi elemen positif bahwa kehadiran cawapres itu bisa kemudian mendorong penguatan ekonomi dan bisnis syariah," ungkapnya.

"Jokowi terpilih kembali Kiai Ma'ruf Amin bisa menjadi akseleratornya. Tapi kalau Prabowo yang menang, kita berharap bahwa bang Sandi ini menjadi akselerator perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Dan saya optimis ini kan kita bicara realitas, fakta, track record. Ini fakta sangat luar biasa dalam pengembangan ekonomi syariah. Dan sekarang dua orang ini diberi kesempatan sesuatu yang lebih besar lagi, itu kaitannya dengan mendorong kebijakan ekonomi syariah, baik sektor rill, baik di sektor zakat dan wakaf nya. Mudah-mudahan ini langkah yang baik untuk masa depan ekonomi syariah," tutupnya. [idr]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/uang/pengamat-maruf-amin-maupun-sandiaga-uno-akan-kembangkan-potensi-ekonomi-syariah.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer