Rechercher dans ce blog

Tuesday, June 5, 2018

Pemerintah masih kaji rencana penurunan harga patokan beras medium

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan telah memberi sinyal akan menurunkan harga eceran tertinggi (HET) beras kualitas medium yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 9.450 per kilogram menjadi Rp 8.900.

BERITA TERKAIT

Asisten Deputi Moneter Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edi P Pambudi mengatakan bahwa keputusan untuk menurunkan HET beras bisa menjadi salah satu solusi agar harga beras dapat lebih terjangkau oleh masyarakat. Akan tetapi, keputusan tersebut masih perlu ditinjau ulang.

"Tujuannya adalah untuk menjangkau harga agar tidak berlebihan. Dalam hal ini pemerintah telah melakukan review, tapi banyak hal yang masih akan dilihat," kata Edi, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (5/6).

Selain itu, pengaturan harga melibatkan dua pihak yaitu produsen dan konsumen sehingga harga yang ditentukan jangan sampai hanya merugikan atau menguntungkan satu pihak saja. "Kalau produsen enggak dapat untung mereka juga enggak bisa lakukan ekspansi bisnis," ujarnya.

Edi juga mengungkapkan faktor yang memengaruhi melonjaknya harga beras bukan hanya terkait masalah produksi, namun juga banyak faktor lainnya seperti distribusi dan masalah transportasi.

"Jadi bukan karena kekurangan produksi tapi bisa juga faktor lain. Kita dalam mengendalikan inflasi, walaupun berupaya mengatur harga di tingkat konsumen tapi jangan sampai produsen kehilangan keuntungan," imbuhnya.

Melihat hal tersebut, dia menilai keputusan menurunkan HET harus dilakukan dengan hati-hati. "Kita enggak mau harga komoditi ini (beras) sampai harga itu kemudian meledak bukan karena produksinya tapi sebenarnya karena faktor lain. Itu yang mulai kita kikis, struktur biaya pembentuk sehingga mempengaruhi inflasi," tandasnya. [azz]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-masih-kaji-rencana-penurunan-harga-patokan-beras-medium.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer