Rechercher dans ce blog

Monday, May 28, 2018

Jangan sepelekan hipertensi

Merdeka.com - Hipertensi adalah salah satu penyakit mematikan. Namun, banyak orang yang tidak menyadari telah menderita hipertensi karena tidak ada gejala apapun.

BERITA TERKAIT

"Ini mengapa kita harus rutin memeriksakan tekanan darah, setidaknya sekali setahun," kata Konsultan dari Asosiasi Poliklinik Singapore Health, Dr Ian Phoon, seperti dikutip dari situs Health XChange SG pada Senin, 28 Mei 2018.

Ian, mengingatkan, tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah pembunuh diam-diam (silent killer) yang meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, dan komplikasi kesehatan serius lainnya jika dibiarkan.

Masalah hipertensi ini dapat merenggut nyawa pasien kapan saja.

Hipertensi di Singapura

Di Singapura sendiri, kata Ian, berdasarkan data dari Dewan Promosi Kesehatan bahwa tekanan darah tinggi memengaruhi lebih dari separuh penduduk di sana yang berumur 60 tahun ke atas.

Padahal, boleh dibilang masyarakat Singapura memiliki pola hidup aktif. Namun, pengaruh makanan melumpuhkan kesehatan mereka.

Tidak hanya orang tua, satu dari lima orang pasien berumur 18 memiliki tekanan darah sekitar 140/90 mmHg.

Jangan sepelekan hipertensi

Ian berpesan agar tidak menyepelekan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi ini. Apabila memiliki alat memeriksa tekanan darah di rumah, cek secara teratur dan rekam hasilnya.

Menurut Ian, tekanan darah bervariasi sepanjang hari. "Mencatat tekanan pada waktu yang berbeda akan memungkinkan dokter untuk melihat tekanan darah rata-rata kita," kata Ian.

Tunjukkan catatan tersebut setiap kali mengunjungi dokter.

Sumber: Liputan6.com [ita]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/sehat/jangan-sepelekan-hipertensi.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer