Rechercher dans ce blog

Monday, August 6, 2018

Tak diterima dikritik soal pelanggaran HAM, Saudi usir dubes Kanada

Merdeka.com - Pemerintah Arab Saudi memberi reaksi keras kepada Kanada usai disebut sebagai negara yang kerap melanggar hak asasi manusia. Saudi mengerahkan pengusiran kepada Duta Besar Kanda di negaranya dan membekukan semua kerja sama perdagangan dan investasi.

BERITA TERKAIT

Dalam sebuah pernyataan dikeluarkan kemarin, Kementerian Luar Negeri Saudi memberi waktu kepada Duta Besar Kanda Dennis Horak untuk meninggalkan Saudi dalam 24 jam. Saudi juga menarik kembali utusannya yang berada di Kanada.

"Saudi menganggap ungkapan dikeluarkan Kanada sebagai penghinaan yang sudah seharusnya direspon secara tajam agar tidak ada lagi yang berusaha mencampuri kedaulatan Saudi," demikian isi pernyataan itu, dikutip dari CNN, Senin (6/8).

"Kami memiliki hak untuk mengambil tindakan lebih lanjut," tambah pernyataan itu.

Keputusan Saudi untuk menghentikan kerja sama diplomasi dilakukan menyusul serangkaian kicauan yang diunggah oleh Kementerian Luar Negeri Kanada pekan lalu. Kemenlu Kanada mendesak agar Saudi segera membebaskan aktivis pembela hak-hak sipil.

"Kanada merasa sangat prihatin dengan adanya penangkapan masyarakat sipil dan aktivis hak-hak perempuan di Saudi, termasuk Samar Badawi. Kami mendesak otoritas Saudi agar segera membebaskan mereka dan semua aktivis HAM lainnya," tulis Kemenlu Kanada.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Saudi baru-baru ini melakukan penangkapan terhadap sejumlah aktivis, termasuk Samar Badawi yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Saudara laki-laki Badawi, Raif, juga sudah menetap di balik jeruji sejak 2012 lalu dan dijatuhi hukuman 1.000 cambukan.

Badawi ditangkap pada 1 Agustus lalu sebagai tanggapan pemerintah terhadap gerakan hak perempuan pada 15 Mei lalu. Penangkapan Badawi disusul dengan penangkapan puluhan aktivis lain.

Dia merupakan salah satu aktivis hak-hak perempuan paling menonjol di Saudi, negara yang membatasi peran perempuan di masyarakat secara ketat. Badawi pernah bertemu dengan Hillary Clinton dan mantan Ibu Negara Michelle Obama. Keduanya memberikan penghargaan Wanita Ksatria Internasional 2012 kepada Badawi atas perjuangannya. [did]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/dunia/tak-diterima-dikritik-soal-pelanggaran-ham-saudi-usir-dubes-kanada.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer