Rechercher dans ce blog

Wednesday, August 22, 2018

Menkominfo sebut target inklusi keuangan akan tercapai

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara optimis jika target 75 persen inklusi keuangan akan tercapai di tahun 2019. Bahkan akan melewati dari target. Dia beralasan bahwa di tahun depan, seluruh kabupaten atau kota sudah tidak ada lagi yang tak terkoneksi internet. Maksudnya adalah Palapa Ring.

BERITA TERKAIT

"Karena tahun depan tidak ada satu ibukota kabupaten yang tidak terhubung dengan internet kecepatan tinggi," katanya dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rabu (22/8).

Menurut Rudiantara, saat ini sudah lebih dari 130 juta orang di Indonesia memiliki telepon seluler. Namun hanya puluhan juta saya yang memiliki akses ke lembaga keuangan. Tapi dengan percepatan pembangunan infrastruktur teknologi informasi Palapa Ring itu akan keuangan inklusif lebih cepat terwujud.

Untuk mendukung perkembangan keuangan inklusif, Menteri Kominfo mengapresiasi upaya OJK dengan mengembangkan Fintech Center.

"Saya ucapkan selamat atas diluncurkannya Fintech Center karena teknologi yang kini berkembang luar biasa tidak bisa ditahan," katanya.

Menteri yang akrab disapa Chief RA ini, mengakui kerjasama dengan OJK selama ini sangat menyenangkan karena dukung OJK terhadap pengembangan fintech. Secara khusus ia menegaskan komitme pemerintah untuk melindungi masyarakat dari potensi fintech yang merugikan .

"Saya senang kerjasama dengan OJK, jika ada fintech yang ilegal sudah ada 200 lebih saya blokir. Kalau ada dalam bentuk aplikasi maka akan minta ke Google. Kita harus lindungi masyarakat," ungkapnya.

Di sisi lain, menurut peneliti Indef, Andry Satrio Nugroho, financial technology (fintech) saat ini merupakan senjata utama Indonesia untuk bisa mencapai tingkat inklusi keuangan yang diharapkan.

Sayangnya, aturan yang berubah-ubah diterbitkan regulator bagi penyelenggara fintech disebut akan menjadi sentimen negatif buat pertumbuhan industri tersebut. Tanpa ekosistem yang baik, fintech yang pertumbuhannya tertahan ditakutkan akan membuat target inklusi keuangan sebesar 75 persen pada 2019 sulit tercapai.

"Kalau misalnya ada aturan yang bertrabrakan, pertama ini memengaruhi fintech. Kedua, fintech ini tidak bisa bekerja optimal untuk melakukan inklusi keuangan yang sedang digiatkan sekarang di Indonesia," ucapnya. [faz]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/teknologi/menkominfo-sebut-target-inklusi-keuangan-akan-tercapai.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer