Rechercher dans ce blog

Friday, July 27, 2018

Bangga tak punya caleg napi korupsi, PSI prihatin pada parpol lain

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah meluncurkan daftar nama bakal caleg mantan napi korupsi di DPRD provinsi, kabupaten, dan kota, yang didaftarkan parpol-parpol peserta pemilu ke KPU. Dalam daftar itu, Partai Gerindra menjadi partai yang paling banyak menyertakan nama mantan napi korupsi, yaitu 27 orang; diikuti oleh Partai Golkar 25 orang, NasDem 17 orang, Berkarya 16 orang, Hanura 15 orang, PDIP 13 orang, Demokrat 12 orang, Perindo 12 orang, PAN 12 orang, PBB 11 orang, PKB 8 orang, PPP 7 orang, PKPI 7 orang, Garuda 6 orang, PKS 5 orang, dan PSI tak ada sama sekali.

BERITA TERKAIT

Menanggapi hasil tersebut, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie mengaku bangga karena menjadi satu-satunya parpol yang tak mencalegkan mantan terpidana korupsi. Namun demikian, pihaknya juga mengaku prihatin parpol-parpol lain masih mencalonkan mantan koruptor.

"PSI memang secara tegas menolak caleg yang diketahui pernah terlibat dalam tindak pidana korupsi," kata Grace, Jumat (27/7).

Dia mengaku prihatin partai-partai lama dan partai-partai baru ternyata bersikap lunak terhadap mantan napi korupsi. Pihaknya khawatir sikap ini memberikan isyarat kepada masyarakat bahwa korupsi adalah kesalahan biasa-biasa saja yang mudah dimaafkan dan dilupakan.

Pihaknya menegaskan akan menolak caleg mantan terpidana korupsi meski memiliki peluang besar meraih suara banyak. Sikap ini dilakukan karena korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus diperangi seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya, semua pihak harus tegas menunjukkan sikap bahwa mantan koruptor tidak bisa lagi menempati posisi publik yang menentukan hidup masyarakat banyak.

"Seorang mantan koruptor bisa saja bertobat, tapi biarlah itu menjadi urusannya dengan Tuhan," katanya.

"Kami mendukung langkah KPU, walau Peraturan KPU berisi larangan pengusulan nama caleg mantan pidana korupsi masih digugat ke Mahkamah Agung, tapi langkah KPU itu menunjukkan ketegasan sikap KPU untuk mencegah agar jangan sampai parlemen diisi para mantan koruptor," katanya. [dan]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/politik/bangga-jadi-parpol-tak-ada-caleg-napi-korupsi-psi-prihatin-pada-parpol-lain.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer