Rechercher dans ce blog

Saturday, May 26, 2018

Kementerian PUPR rampungkan pembangunan 360 rumah akibat relokasi Bendungan Kuningan

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rumah khusus yang diperuntukkan bagi warga desa yang direlokasi akibat pembangunan Bendungan Kuningan di Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan.

BERITA TERKAIT

Adapun pembangunan bendungan dengan luas 221,59 hektar ini meliputi 5 desa dan 2 kecamatan yaitu Desa Randusari, Desa Kawungsari, Desa Sukarapih di Kecamatan Cibeureum serta Desa Simpai Jaya di Kecamatan Karangkancana.

"Kebutuhannya ada 360 rumah. Dibangun secara bertahap sesuai ketersediaan lahannya yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/5).

Untuk di Desa Tanjung Kerta sendiri, setidaknya sebanyak 40 unit rumah khusus tipe 36 dibangun oleh Kementerian PUPR yang seluruhnya telah dihuni oleh warga setempat. "Total anggarannya pembangunan Rusus di Desa Tanjung Kerta sebesar Rp 4,8 miliar termasuk untuk prasarana, dan sarana utilitas (PSU) seperti jalan akses berbeton," ujarnya.

Selain di Desa Tanjung Kerta, dibangun pula rumah khusus (rusus) di Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru sebanyak 60 unit tipe 36 dengan biaya Rp 7,2 miliar. Adapun pembangunan menelan biaya sebesar Rp 125 juta per unit dengan rincian untuk bangunan rumah sekitar Rp 110 juta serta furniture lain seperti sofa, tempat tidur, meja, dan kursi sebesar Rp 15 juta.

"Saya sudah 2 bulan tinggal di rumah ini. Lebih enak dan lebih nyaman, lingkungannya juga bagus dengan kondisi jalan yang dibeton dengan rapih. Masyarakat disini sangat berterima kasih atas rumah dan bantuan lainnya," tutur Eni Lesminawati salah satu warga penghuni rusus.

Sebagai informasi, secara nasional, pada masa Kabinet Kerja capaian tiga tahun (2015-2017) pembangunan rumah khusus yakni tahun 2015 dibangun sebanyak 6.713 unit, tahun 2016 sebanyak 6.048 dan tahun 2017 sebanyak 5.083 unit dengan anggaran Rp 994,6 miliar sehingga total dibangun sebanyak 17.844 unit.

Sedangkan di 2018, Kementerian PUPR akan menambah ketersediaan rumah khusus sebanyak 4.550 unit dengan anggaran Rp 719,6 miliar. Sebaran lokasi pembangunannya sebagian besar yakni 63,4 persen dibangun di kawasan timur Indonesia.

Sumber : Liputan6

Reporter : Bawono Yadika [azz]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/uang/kementerian-pupr-rampungkan-pembangunan-360-rumah-akibat-relokasi-bendungan-kuningan.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer