Rechercher dans ce blog

Tuesday, May 29, 2018

Gempa 5,2 SR guncang Nias, tidak berpotensi tsunami

Merdeka.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Gempa dangkal ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 10.21 WIB. Pusat gempa terletak pada koordinat 1,33 LU dan 97,01 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat Kota Lahewa, Nias, dengan kedalaman 24 km. Ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal atau kurang dari 60 km.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di bagian utara Pulau Nias. Skala intensitasnya II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Hal ini sesuai dengan informasi dari masyarakat, bahwa banyak warga yang merasakan guncangan gempa bumi ini," kata Rachmat Triyono, Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Selasa (29/5).

Guncangan dipicu aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera. Konvergensi kedua lempeng itu membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran naik mendatar (oblique thrust)," jelasnya.

Hingga pukul 10.32 WIB, BMKG belum menemukan adanya aktivitas gempa susulan. Begitupun masyarakat diimbau agar tetap tenang.

"Jangan terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Rachmat. [eko]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/peristiwa/gempa-52-sr-guncang-nias-tidak-berpotensi-tsunami.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer