Rechercher dans ce blog

Saturday, August 18, 2018

Mandi sebelum tidur, berbahaya atau bermanfaat?

Merdeka.com - Sebagian orang mungkin masih berpikir kalau mandi di malam hari tidak baik untuk kesehatan. Namun, tahukan anda kalau ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena ternyata hal ini memiliki beberapa manfaat.

BERITA TERKAIT

Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat mandi sebelum tidur, baik itu di bawah pancuran maupun berendam di bathtub, bisa meningkatkan kreativitas dan membuat pikiran lebih segar. Bagi yang memilih mandi dengan air hangat, keuntungannya tubuh jadi lebih rileks seperti disampaikan ahli saraf, Alice Flaherty.

hal yang membuat tidur nyenyak 2018 liputan6.com

Lalu, menurut Dr.Dianna Augelli dari Sleep Medicine di New York-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat lebih cepat tidur. Selain itu, tidur pun lebih nyenyak.

Namun, untuk mendapatkan manfaat di atas ada dua hal yang harus diperhatikan. Pastikan suhu suam-suam kuku dan mandi 90 menit sebelum tidur. Hal ini tentunya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan kamu bisa bangun dengan badan yang lebih segar dan aktif.

Cara lain tidur nyenyak

hal yang membuat tidur nyenyak 2018 liputan6.com

Bagi Anda yang sulit tidur nyenyak di malam hari, minum susu sapi membantu mempercepat tidur. Menurut penelitian dari Uimyung Research Institute for Neuroscience di Korea Selatan, susu yang diminum malam hari memiliki jumlah triptofan dan melatonin, senyawa tersebut merupakan hormon alami yang dapat membantu pengaturan siklus tidur dan bangun tidur yang baik.

Sedangkan, triptofan membantu jalannya melatonin pada tubuh hingga mencapai titik hormon tidur yang maksimal. Dilansir dari laman The Health Site, ditulis Jumat (17/8).

Minum susu sebelum tidur di malam hari lebih baik daripada mengonsumsi obat tidur yang mengandung zat penenang guna mempermudah tidur. Minum susu lebih efektif karena sama sekali tidak menyebabkan kerusakan pada organ tubuh di kemudian hari.

Nah, bagi anda yang belum terbiasa untuk mandi di malam hari sepulang dari kerja, anda bisa mencobanya. Barangkali anda juga bisa mendapatkan manfaatnya yaitu bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu untuk bisa tidur dengan nyenyak,anda juga bisa minum susu terlebih dahulu.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/sehat/mandi-sebelum-tidur-berbahaya-atau-bermanfaat.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer