Rechercher dans ce blog

Friday, June 1, 2018

4.000 Lebih konten radikalisme diblokir

Merdeka.com - Konten-konten di dunia internet yang mengandung unsur radikalisme kian berkurang. Per 30 Mei lalu, lebih dari 4.078 konten radikalisme baik dari situs maupun akun media sosial telah diblokir.

BERITA TERKAIT

"Sekarang trennya sudah mulai menurun," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat acara buka puasa bersama dengan para pemangku kepentingan di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Kamis (31/5).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya setengah dari jumlah itu, berasal dari platform Facebook dan Instagram.

"Puncaknya terjadi pada tanggal 21 Mei kemarin. Tapi kami terus menyisir dan melakukan verifikasi lagi. Kami pantau terus," ungkapnya.

Terjadinya penurunan konten-konten radikalisme ini, diakuinya besar kemungkinan terkait adanya penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Maka itu, konten-konten yang berkaitan dengan radikalisme terlihat adanya penurunan.

Sebelumnya, pada pertengahan Mei lalu, pihak Kemkominfo gencar melakukan patroli di media sosial terkait dengan konten radikalisme. Komposisi jumlah akun yang telah terblokir berdasarkan masing-masing platform media sosial tersebut bervariasi.

Seperti Telegram, sebanyak 280 lebih akun pengunanya telah diblokir. Facebook dan Instagram, diidentifikasi sebanyak 450 akun yang menyebarkan paham radikalisme.

"300 dari 450 akun itu, sudah ditake down," ungkap Menkominfo.

Sementara, untuk akun di Youtube teridentifikasi 250 lebih, namun sekitar 40-70 persen selesai ditake down. Juga Twitter ada 60-70 akun yang telah teridentifikasi, setengah dari jumlah tersebut, sudah dilakukan pemblokiran.

"Sisanya masih dalam proses pemantauan Kepolisian," terangnya. [ian]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/teknologi/4000-lebih-konten-radikalisme-diblokir.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer