Rechercher dans ce blog

Thursday, May 24, 2018

'Teror bom bukan bagian dari perintah agama'

Merdeka.com - Teror bom mengguncang Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Teroris juga beraksi di Mapolda Riau. Sejumlah masyarakat dan aparat menjadi korban.

BERITA TERKAIT

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dede Rosyada menilai aksi seperti itu jelas mengguncang umat serta mencipatakan rasa takut. Dia menegaskan aksi bom bunuh diri dengan alasan apapun tidak dapat diterima.

"Walaupun seringkali aksi tersebut menggunakan simbol-simbol agama, baik dari segi pakaian, ucapan, lafal dan sebagainya, tapi aksi itu sendiri bukanlah bagian dari perintah agama," tegasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/5).

Selain aksi teror, dia juga menilai ujaran kebencian berpotensi menimbulkan kegaduhan dan perpecahan. Karena itu, Dede mengajak masyarakat untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian.

"Ujaran kebencian dan hoaks adalah perbuatan salah dan melanggar aturan agama," ujar mantan Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama ini.

Dede menekankan bahwa kemajemukan yang dimiliki bangsa ini juga harus dijaga dengan baik. Apalagi, lanjutnya, bangsa Indonesia punya instrumen untuk menjaga kerukunan, baik itu kerukunan antar-umat beragama, kerukunan terhadap pemerintah dan sebagainya.

"Kita berharap tidak terjadi lagi hal-hal yang merugikan bangsa ini dan kita semua harus dapat menyuarakan bagaimana Islam damai dan Indonesia damai," katanya.

Untuk itu, dia mengatakan Ramadan harus dimaknai untuk menumbuhkan solidaritas sosial demi membangun bangsa agar terhindar dari bahaya radikalisme. "Puasa ini juga untuk memupuk kebersamaan terhadap orang-orang yang berbeda etnik, bahkan berbeda agama," pungkasnya. [did]

Let's block ads! (Why?)

https://www.merdeka.com/peristiwa/teror-bom-bukan-bagian-dari-perintah-agama.html

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

This North Texas city has asked large trucks to avoid its quaint downtown. They come anyway - Yahoo News

ragamnyakabar.blogspot.com Glen Rose’s downtown — lined with boutiques, antique shops, bookstores and cafes in early 20th century building...

Postingan Populer